Model Diskon Dividen Multistage

by redaksi

Wartapenilai.id—Model diskon dividen multistage merupakan model penilaian ekuitas yang dibangun di atas model pertumbuhan Gordon dengan menerapkan berbagai tingkat pertumbuhan yang perhitungan. Di bawah model multistage, perubahan tingkat pertumbuhan diterapkan pada periode waktu yang berbeda. Berbagai versi model multistage ada, termasuk model dua tahap, H, dan tiga tahap.

Model Pertumbuhan Gordon (the gordon model) memecahkan nilai sekarang dari seri terbatas dividen masa depan. Dividen ini diasumsikan tumbuh pada tingkat yang konstan untuk selamanya. Mengingat kesederhanaan model, umumnya hanya digunakan untuk perusahaan dengan tingkat pertumbuhan yang stabil, seperti perusahaan blue-chip. Perusahaan-perusahaan itu mapan dan secara konsisten membayar dividen kepada pemegang saham secara teratur, mengingat arus kas yang dimiliki stabil.

Model ini memberikan kepraktisan bagi pengguna ketika menilai perusahaan yang membayar dividen paling banyak dalam siklus bisnis. Dan bisa digunakan dalam fluktuasi siklus bisnis dan mencakup kegiatan keuangan yang konstan. Juga memiliki tingkat pertumbuhan awal yang tidak stabil dan fleksibel, karena dapat berupa negatif atau positif.

Model diskon dividen multistage memungkinkan kompleksitas dan kepraktisan lebih besar ketika menilai perusahaan yang mayoritas membayar dividen secara berfluktuasi dengan siklus bisnis, serta kesulitan keuangan yang konstan dan tidak terduga (atau keberhasilan). Model diskon dividen multistage memiliki tingkat pertumbuhan awal yang tidak stabil dan bisa positif atau negatif. Fase awal ini berlangsung selama waktu yang ditentukan dan diikuti pertumbuhan stabil yang berlangsung selamanya.

Model ini memiliki keterbatasan, pada tingkat pertumbuhan dari fase awal menjadi stabil dalam waktu singkat. Untuk alasan ini, model-H memiliki tingkat pertumbuhan awal yang sudah tinggi, diikuti penurunan ke tingkat pertumbuhan yang stabil selama periode secara bertahap. Model ini mengasumsikan bahwa rasio pembayaran dividen perusahaan dan biaya ekuitas tetap konstan.

Model diskonto dividen multistage biasanya digunakan hanya untuk perusahaan seperti blue-chip.

Akhirnya, model tiga tahap memiliki fase awal pertumbuhan tinggi yang stabil yang berlangsung selama periode tertentu. Pada fase kedua, pertumbuhan menurun secara linear hingga mencapai tingkat pertumbuhan akhir dan stabil. Model ini membaik pada kedua model sebelumnya dan dapat diterapkan ke hampir semua perusahaan.

Model penilaian ekuitas terbagi dalam dua kategori utama: metode penilaian absolut atau intrinsik dan metode penilaian relatif. Model diskon dividen (termasuk model pertumbuhan Gordon dan model diskon dividen multi-tahap) termasuk dalam kategori penilaian absolut, bersama dengan pendekatan arus kas diskonto (DCF), pendapatan residual, dan model berbasis aset.

Pendekatan penilaian relatif mencakup model yang dapat diperbandingkan. Ini melibatkan penghitungan kelipatan atau rasio, seperti harga-ke-pendapatan atau P / E kelipatan, dan membandingkannya dengan kelipatan perusahaan lain yang sebanding. (***)

0 0 votes
Article Rating

Baca Juga

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x