Nilai Sekarang Vs Nilai Masa Depan Dalam Anuitas

by redaksi

Wartapenilai.id—Nilai sekarang dan nilai masa depan, istilah yang kerap digunakan dalam kontrak anuitas. Nilai sekarang dari anuitas merupakan jumlah yang harus diinvestasikan sekarang untuk menjamin pembayaran yang diinginkan di masa depan. Dan nilai masa depannya adalah total yang akan dicapai seiring waktu.

Investasi keuangan yang menghasilkan pembayaran reguler untuk periode waktu tertentu biasa disebut anuitas. Di zaman modern, anuitas paling sering dibeli melalui perusahaan asuransi atau perusahaan jasa keuangan.

Nilai sekarang jumlah uang yang harus diinvestasikan untuk mencapai tujuan di masa depan. Sedangkan nilai masa depan, jumlah rupiah yang akan bertambah seiring waktu ketika jumlah itu diinvestasikan. Jadi nilai sekarang jumlah yang harus investasikan untuk mewujudkan nilai masa depan.

Tergantung pilihan investor, anuitas bisa menghasilkan pengembalian tetap atau variabel. Ketika membeli anuitas, perusahaan asuransi mengambil sejumlah uang di muka dan menginvestasikannya, dikurangi biaya yang dikenakan. Investor. Sebagai imbalannya, akan menerima sejumlah uang yang disepakati secara berkala selama periode waktu tertentu.

Ada berbagai pengaturan yang bisa dilakukan. Pembayaran dapat dimulai segera atau mungkin ditunda ke masa depan ketika investor siap untuk pensiun. Beberapa membayar sampai kematian penerima, sehingga menggeser risiko umur panjang dari penerima ke perusahaan asuransi. Pasangan sering mengatur agar pembayaran terus berlanjut selama masa hidup pasangan yang masih hidup.

Nilai sekarang dan nilai masa depan tergantung pada banyak variabel individu. Semua keputusan ini memengaruhi jumlah tepat yang akan diterima oleh penerima dengan pembayaran anuitas bulanan. Perhitungan nilai sekarang dan masa depan mengasumsikan anuitas reguler dengan tingkat pertumbuhan tetap. Banyak kalkulator online menentukan nilai sekarang dan masa depan dari suatu anuitas, mengingat tingkat bunga, jumlah pembayaran, dan lamanya.

Lebih lanjut, nilai sekarang dari anuitas adalah nilai saat ini dari semua pendapatan yang akan dihasilkan oleh investasi di masa depan. Dalam istilah yang lebih praktis, jumlah uang yang perlu diinvestasikan hari ini untuk menghasilkan pendapatan tertentu di masa datang.

Dengan menggunakan tingkat bunga, jumlah pembayaran yang diinginkan, dan jumlah pembayaran, perhitungan nilai sekarang mendiskontokan nilai pembayaran di masa depan untuk menentukan kontribusi yang diperlukan untuk mencapai dan mempertahankan pembayaran tetap untuk periode waktu tertentu.

Misalnya, rumus nilai sekarang akan digunakan untuk menentukan berapa banyak yang harus diinvestasikan sekarang jika menginginkan pembayaran bulanan sebesar Rp 15 juta untuk 10 tahun mulai tahun 2030.

Nilai masa depan anuitas mewakili jumlah total uang yang akan diperoleh dengan melakukan investasi yang konsisten selama periode yang ditentukan, dengan bunga majemuk. Daripada merencanakan jumlah pendapatan yang dijamin di masa depan dengan menghitung berapa banyak yang harus diinvestasikan sekarang, formula ini memperkirakan pertumbuhan tabungan, mengingat tingkat investasi tetap untuk jumlah waktu tertentu.

Perhitungan nilai masa depan akan digunakan untuk memperkirakan saldo akun investasi, termasuk pertumbuhan bunga, setelah memberikan kontribusi bulanan Rp 15 juta selama 10 tahun. (***/Harya)

4 1 vote
Article Rating

Baca Juga

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x