Data Sebanding, Cara Menentukan

by redaksi

Sukirman ingin menjaul rumahnya, dia memperhatikan rumah serupa di lingkungan itu yang baru saja terjual. Dia pun menyelidikan dan menemukan harga jualnya, lalu punya gagasan berapa nilai aset rumahnya.

Wartapenilai.id—Tak menunggu terlalu lama, akhirnya Pak Sukirman meminta temannya, Jefri yang berprofesi sebagai makelar jual beli rumah seken untuk membantunya. Setelah mengamati rumah Sukirman, Jefri pun lantas menarik objek yang sebanding selama 12 bulan terakhir rumah yang mirip dengan milik Sukirman. Perbandingan itu digunakan untuk menentukan harga rumah Sukirman.

Lalu apa yang bisa dibandingkan. Pembandingan digunakan dalam penilaian di mana aset yang baru dijual digunakan untuk menentukan nilai aset serupa. Data sebanding (comparables), yang sering digunakan di real estat bisa untuk menemukan nilai wajar sebuah rumah, tidak lain daftar penjualan aset terkini yang mencerminkan karakteristik aset yang ingin dijual oleh pemilik. Dan daftar penjualan umumnya dibatasi dalam setahun terakhir.

Setidaknya melalui data sebanding (comparables) bisa membantu menemukan harga yang diminta untuk properti yang dituju. Dimana agen dan penjual sama-sama memiliki akses untuk mengumpulkan data yang sebanding.

Memahami data sebanding (comparables), untuk penilaian memang sangat membantu menilai aset secara akurat. Misalnya, agen real estat dapat menilai nilai sebuah rumah berdasarkan harga jual terbaru dari sebuah rumah di lingkungan yang sama dengan atribut serupa, seperti luas persegi dan jumlah kamar tidur dan kamar mandi.

Data sebanding memang kerap digunakan untuk agen real estate. Agen menggunakan rumah serupa yang terletak dalam radius sekitar satu setengah kilometer dari properti yang mereka evaluasi. Pembanding yang digunakan biasanya dijual tidak lebih dari setahun yang lalu hingga saat ini. Biasanya menggunakan sekitar tiga pembanding untuk mendapatkan harga yang diminta secara akurat. Minimal tiga pembanding harus dilaporkan dalam pendekatan perbandingan penjualan.

Praktik terbaik menggunakan data dari penjualan langsung pemilik (tanpa perantara). Penjualan tanpa perantara ini lebih banyak melibatkan alat dan sumber daya untuk mengevaluasi harga rumah secara akurat. Penjualan tanpa perantara cocok untuk penjual yang tidak menggunakan makelar. Penjual bisa mengumpulkan data dari lingkungan terdekat rumah yang sebanding, dan kemudian melanjutkan membuat daftar harga rumah secara akurat.

Jual beli rumah seken dilakukan sangat sederhana, tetapi melibatkan banyak negosiasi. Dengan akses ke banyak situs web daftar real estat yang berbeda, sangat mudah melakukan pencarian serupa. Tidak perlu banyak riset atau pengumpulan data, tapi hanya beberapa menit mencari rumah misal seluas 3 ribu meter persegi dengan 4 kamar tidur dan 3 kamar mandi.

Dalam penilaian memang dimungkinkan mencari data pembanding dari internet. Namun tetap harus diklarifikasi serta di buktikan aset yang ditawarkan, dimana titik koordinatnya, untuk memastikan aset yang ditawarkan secara fisik itu ada.

Dan memang itu bisa dengan mudah dicari di salah satu situs web, tetapi lebih banyak data dapat dikumpulkan dengan melihat beberapa. Semakin banyak informasi yang dikumpulkan, semakin akurat perbandingan harga rumah. Ini akan membuahkan hasil untuk melakukan semua penelitian yang mungkin. (***/HS)

5 1 vote
Article Rating

Baca Juga

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x