Penting Bagi Investor, Nilai Watu Dari Uang

by redaksi

Nilai uang saat ini lebih berharga dibanding di masa depan. Lalu bagaimana menentukan nilai waktu dari uang atau Time Value of Money (TVM). Apa manfaat mengetahui nilai sekarang dan masa depan. Yang jelas bisa membantu membedakan nilai investasi yang menawarkan pengembalian pada waktu yang berbeda.

Wartapenilai.id—Nilai waktu dari uang atau Time Value of Money (TVM), suatu konsep yang penting bagi investor, dimana uang Rp 10 juta saat ini bernilai lebih dari Rp 10 juta yang dijanjikan di masa depan. Sejumlah rupiah itu saat ini bisa diinvestasikan dan mendapatkan bunga atau capital gain. Dimana Rp 10 juta yang dijanjikan di masa depan sebenarnya nilai kurang dari Rp 10 juta saat ini karena inflasi .

Dengan asumsi uang bisa menghasilkan bunga, prinsip keuangan ini menyatakan bahwa jumlah uang apa pun bernilai lebih tinggi bila semakin cepat diterima. Tingkat paling mendasar, nilai waktu dari uang menunjukkan, jika semuanya sama, lebih baik memiliki uang saat ini daripada di masa mendatang.

Sebagai ilustrasi bila anda diminta untuk memilih opsi pembayaran Rp 10 juta sekarang atau Rp 10 juta pada tiga tahun mendatang. Bila anda memilih Rp 10 juta sekarang, pilihan tepat. Sebab, tiga tahun mendatang adalah waktu yang cukup lama untuk menunggu. Dengan menerima Rp 10 juta saat ini, siap meningkatkan nilai uang di masa depan dengan berinvestasi dan mendapatkan bunga selama periode waktu tertentu.

Mengapa ada orang yang menunda pembayaran ke masa depan ketika dia bisa memiliki jumlah uang yang sama pada waktu sekarang. Bagi kebanyakan orang mengambil uang di masa sekarang hanyalah naluriah belaka. Bila memilih pembayaran tiga tahun mendatang akan menjadi nilai masa depan.

Nilai sekarang dan nilai masa depan menjadi poin penting saat membahas time value of money (TVM). Dimana nilai sekarang menentukan berapa arus kas yang akan diterima di masa depan yang bernilai dalam rupiah hari ini. Ini mendiskontokan arus kas masa depan kembali ke tanggal sekarang, menggunakan tingkat pengembalian rata-rata dan jumlah periode. Tidak peduli apa nilai saat ini, jika investasi jumlah nilai sekarang pada tingkat pengembalian yang ditentukan dan jumlah periode, investasi akan tumbuh ke jumlah arus kas masa depan.

Nilai sekarang sama dengan arus kas masa depan dibagi dengan 1 ditambah tingkat pengembalian kali jumlah periode pengembalian. Atau nilai sekarang = (arus kas masa depan)/(1 + tingkat pengembalian) ^ jumlah periode.

Sementara nilai masa depan, menentukan nilai arus kas yang diterima hari ini di masa depan, berdasarkan suku bunga atau capital gain. Ini menghitung berapa arus kas saat ini akan bernilai di masa depan, jika itu diinvestasikan pada tingkat pengembalian dan jumlah periode tertentu.

Nilai masa depan sama dengan nilai sekarang dikalikan dengan 1 ditambah tingkat pengembalian dikalikan jumlah periode. Atau nilai masa depan = Nilai Sekarang X {1 +(tingkat pengembalian X jumlah periode)}

Baik nilai sekarang dan nilai masa depan memperhitungkan bunga majemuk atau capital gain, yang merupakan aspek penting lainnya bagi investor untuk dipertimbangkan ketika mencari investasi yang baik. (***)

0 0 vote
Article Rating

Baca Juga

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x