PPL On-line SPI 300-310

by redaksi

Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI) mulai memperkenalkan PPL secara on-line di tengah anggotanya. Sebab, saat ini sedang siaga merebahnya covid-19, untuk mengurangi penyebaran dan pencegahan virus itu, PPL dilakukan secara on-line.

Wartapenilai.id—Sejak pandemic covid-19, ditetapkan sebagai kejadian luar biasa oleh pemerintah, yang bisa berpengaruh pada kesehatan, banyak agenda organisasi MAPPI mengalami penundaan. Namun demikian, ada layanan kegiatan organisasi untuk melayani anggota yang masih bisa diberikan. Seperti pendidikan berkelanjutan (PPL) mulai dilakukan secara on-line, kontribusi MAPPI melakukan pencegahan covid-19 di tengah anggota.

Atas selesainya, revisi Standar Penilaian Indonesia (SPI), baik SPI 300, SPI 310, SPI 320 dan SPI 330, Komite Penyusunan Standar Penilaian Indonesia (KPSPI) menggelar PPL secara online. Dimana SPI Edisi Revisi, yang berlaku tahun 2020, dtetapkan 1 Maret 2020, dan mulai efektif berlaku per 1 September 2020.

Adanya senggang waktu enam bulan ini, KPSPI memberikan pendalaman materi terkait SPI Revisi dengan membuat PPL secara on-line, untuk mengurangi tatap muka antara pengajar dengan peserta.

PPL 0n-line Bacht 1 (kelas on-line), diseminasi dan workshop SPI 300-310, mulai diperkenalkan ditengah anggota hasil revisi SPI 2020. KPSPI MAPPI menggelar diseminasi dan workshop secara on-line dengan materi: SPI 300 – Penilaian Real Properti dan SPI 310 – Penilaian Mesin dan Peralatan.

Workshop ini dilakukan dari tanggal 1 hingga 20 April 2020, dengan peserta anggota MAPPI-S, dan diberikan satuan kredit 10 SKP. Peserta selama 20 hari itu dipungut biaya sebesar Rp 1 juta.

Saat ini materi, Desiminasi dan workshop SPI 300-310 sedang diselesiakan tim KPSPI. Untuk peserta yang mengikuti PPL on-line ini, selain terdaftar juga menyiapkan perangkat computer/pc/notebook dengan spesifikasi, (1) sistem operasi windows 8/10/ MacOS 10.10 atau yang lebih tinggi. (2). Prosesor 2 GigaHertz (GHz) atau lebih tinggi. (3)   Memori 2 Gigabyte (GB) (32-bit) dan 4 GB (64-bit). Dan (4) Hard disk 30 GB (32-bit) dan 40 GB (64-bit) atau lebih besar.

Selain itu, computer/pc/notebook peserta dilengkapi dengan aplikasi Browser Google Chrome/Microsoft Edge/Mozilla Firefox/Safari, Aplikasi Microsoft Office 2013/2016/2019/365 atau yang lebih tinggi, Perangkat Speaker dan Microphone dan Jaringan Internet.

Untuk mengikuti PPL secara on-line ini, peserta diwajibkan mencari tempat yang nyaman. Agar tidak terganggu dalam memahami materi, bisa sambil ngopi, dan santai mengikuti PPL on-line.

Memang pelaksanaan PPL on-line yang digelar MAPPI ini tergolong baru, tentu masih banyak kendala baik pemaparan dan penyampaian materi secara on-line, yang mudah diterima peserta. Itulah tantangan yang dihadapi, dan tentu semakin sering dilakukan hambatan dan kendala seperti itu bisa diatasi lebih baik. (***/HS)

 

0 0 vote
Article Rating

Baca Juga

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x