Memilih Ketua DPD Sumbagut Periode 2020-2024

by redaksi

Penilai di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), bakal menggelar Musyawarah Daerah VII (Musda VII), membahas berbagai hal penting terkait kemajuan profesi penilai di daerah itu, termasuk memilih Ketua DPD yang baru. Panitia Musda telah melakukan persiapan sedemikian matang dengan susunan agenda acara. Dimulai dengan kegiatan webinar, dilanjutkan sidang pleno hingga menentukan pilihan Ketua DPD MAPPI Sumbagut periode 2020-2024.

Wartapenilai.id—Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI), Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), pada 4 sampai 5 Nopember 2020 menggelar Musyawarah Daerah ke VII. Musda VII dipusatkan di Raz Plaza Hotel, Medan, dan disiarkan secara online.

Musda VII DPD MAPPI Sumbagut, digelar dua hari, diawali dengan Webinar bertema “Praktik Penilaian Dalam Pusaran Ekonomi Masa Pandemik dan Masa Yang akan Datang di Sumatera Utara”.  Webinar ini menghadirkan pembicara Wakil Ketua Umum KADIN Sumut Bidang Komoditas Strategis dan Direktur Utama PT Dhirga Surya, Isfan F. Fachruddin, Guru Besar dan Ketua Prodi S2-S3 Akuntansi FEB USU, Prof. Erlina, dan Ketua KPSPI, Hamid Yusuf. Acara Webinar ini di moderatori Akademisi USU dan Paktisi, Dr. Ir. Sugiharto Pujangkoro.

Setidaknya 321 penilai anggota DPD MAPPI Sumbagut memperoleh pencerahan bagaimana menghadapi dan menyesuaikan bisnis penilaian di tengah pandemic dan paska di Sumatera Utara. Selain agenda Webinar, Musda VII DPD MAPPI Sumbagut, di hari pertama juga akan menggelar Pleno I yang membahas penentuan quarum/agenda acara/tatib dan pemilihan pimpinan sidang/tim perumus. Sidang Pleno II, membahas Laporan Pertanggung jawabanPengurus DPD MAPPI Sumbagut dan usulan rekomendasi. Siddang pleno III Pemilihan Ketua DPD MAPPI Sumbagut.

Hari Kedua, 5 Nopember 2020, melanjutkan sidang Pleno III, dengan agenda pemilihan secara langsung Ketua DPD MAPPI Sumbagut 2020-2024. Pemilihan ini hanya diikuti oleh 321 anggota yang memiliki hak suara. Calon yang memperoleh suara terbanyak bakal ditetapkan sebagai pemenang dan ditetapkan sebagai Ketua DPD MAPPI Sumbagut 2020-2024.

Diskusi dan pemaparan program Kerja Balon DPD MAPPI Sumbagut, digelar 28 Oktober 2020 lalu.

Pada pesta demokrasi pemilihan Ketua DPD MAPPI Sumbagut periode 2020-2024, yang digelar 5 Nopember 2020 besok, diikuti dua Bakal Calon yaitu Suherwin dan Farel Siregar. Keduanya putra terbaik penilai di Sumbagut yang bersedia mendarmabahktikan pemikiran, waktu dan tenaganya untuk membangun profesi penilai dari daerah. Lalu apa saja program kerja yang tawarkan untuk mendulang dukungan suara di tengah 321 penilai anggota MAPPI Sumbagut.

Suherwin

Balon Ketua DPD MAPPI Sumbagut nomor urut 1, Suherwin menawarkan program kerja bidang keprofesian/pendidikan, keorganisasian, sinergi dan eksistensi serta regulasi.

Suherwin, sosok yang memilliki pengalaman panjang di DPD MAPPI Sumbagut, terlibat di organisasi ini mulai tahun 2010. Itu dilakukan setelah menyandang ijin penilai publik, Suherwin dipercaya menjabat sebagai Sekretaris FKJPP.  Karirnya di organisasi terbilang moncer, setelah itu dua periode berturut-turut dipercaya menjabat Sekretaris MAPPI Sumbangut periode 2012-2016 dan 2016-2020.

Partner di KJPP MBPRU & Rekan ini maju sebagai Bakal Calon Ketua DPD MAPPI Sumbagut mengusung program kerja meningkatkan kualitas pendidikan, mengembangkan riset, meningkatkan kerjasama dengan perguruan tinggi dan stakeholder terkait, bersama DPN MAPPI mewujudkan UU Penilai, dan meningkatkan kepedulian sosial untuk seluruh anggota.

Pertama, program di bidang keprofesian dan pendididkan, Suherwin yang alumnus S1 Teknik Industri dan S2 Ekonomi Pembangunan Universitas Sumatrera Utara (USU), bakal berkomitmen meningkatkan kualitas pengajar (instruktur) dan terus menjaga keseusuaian pengajar dengan materi yang diajarkan. Yang selama ini menjadi kelemahan pendidikan penilai yang diselenggarakan di Sumbangut. Jadwal pendidikan diatur dengan pasti, untuk memudahkan peserta memilih waktu pendidikan yang sesuai dengan waktu luang yang dimiliki peserta.

Bila dipercaya memimpin DPD Sumbagut, Suherwin juga akan terus mendorong peningkatan jumlah kelulusan dengan membantu peserta dengan bimbingan yang memadai. Memperbanyak pendidikan designasi dan non designasi dengan biaya terjangkau, dan terus meningkatkan pendidikan softskill untuk tenaga admin dan calon penilai publik.

Kedua, di bidang keorganisasian, Suherwin bakal melakukan modernisasi sistem keanggotaan berbasis IT. Juga meningkatkan kerjasama dengan instansi pemerintah, Perguruan Tinggi dan swasta. Menenyediakan perpustakaan baik offline maupun online. “Juga melengkapi dengan program sosial dan koperasi untuk Anggota MAPPI Sumbagut,” terang Suherwin yang memulai profesi penilai tahun 2004 ini.

Ketiga, Sinergis dan eksistensi. Suherwin akan meningkatkan pengembangan riset dan database penunjang penilaian. Itu dilakukan dengan meningkatkan kerjasama USU dan DPN MAPPI, terkait usulan jalur pendidikan tingkat lanjutan dan sertifikasi di Program Pasca Sarjana MMPP USU. Juga membuka kerjasama riset dan magang bagi mahasiswa yang ingin meningkatkan pengalaman dalam penilaian pengembangan sistem IT.

Dan keempat, bila dipercaya anggota, Suherwin bersama DPD lainnya mendukung DPN MAPPI mewujudkan undang-undang profesi Penilai.

Farel Siregar

Program Kerja Balon DPD MAPPI Sumbangut nomor urut. 2, Farel Siregar.  Rekan KJPP Johnny Farel & Rekan ini adalah S1 alumnus Teknik Sipil dan S2 Magister Manajemen Properti dan Penilaian (MMPP) Universitas Sumatera Utara (USU).

Awalnya, Farel Siregar berkarir di perusahaan kontraktor sipil di berbagai proyek pemerintah dan swasta (1991-2005). Baru masuk konsultan perencanaan dan pengawasan proyek sipil di berbagai proyek pemerintah (2006-2011). Tahun 2012 Farel baru masuk ke profesi penilai dengan bergabung di KJPP Immanuel Johnny & Rekan.

Tahun 2014 baru menyelesaikan pendidikan PDP 1 dan PDP 2, dilanjutkan dengan PLP1 (2015) dan PLP2 (2017), Setifikasi penilai properti sederhana (2016) dan ijin penilai properti Sederhana dari Kemenkeu (2017). Lalu baru bergabung dengan KJPP Johnny Farel & Rekan sebagai partner.

Memang, Farel Siregar belum banyak terlibat di DPD MAPPI Sumbagut, namun pernah menjadi Ketua Panitia HUT MAPPI ke -38 tahun 2019. Namun pengalaman eksternal organisasi di luar penilaian pernah menjabat Wakil Ketua Ikatan Alumni Magister Manajemen Properti dan Penilaian (MMPP) Sekolah Pascasarjana USU Periode 2017-2019. Dan terpilih menjadi Ketua Ikatan Alumni Magister Manajemen Properti dan Penilaian (MMPP) Sekolah Pascasarjana Periode 2019 – 2023.

Untuk menggait suara di tengah 321 anggota MAPPI Sumbagut, Farel Siregar menawarkan 8 program kerja. Diantara lain pertama, membangun pangkalan data (database) DPD MAPPI Sumbagut. Kedua, membentuk bidang riset dan pengembangan DPD MAPPI Sumbagut. Ketiga, memberi edukasi hukum kepada seluruh anggota DPD MAPPI Sumbagut. Keempat, melaksanakan pendidikan designasi untuk seluruh jenjang pendidikan (PDP 1 s/d PLP 2 dan PDS, PLS) secara rutin setiap tahun.

Kelima, meningkatkan kelulusan pendidikan designasi dengan target kelulusan 50 %. Keenam,  membuat website DPD MAPPI Sumbagut dan mengaktifkan sosial media lainnya (facebooks, instagram, dll). Ketujuh, aktif dalam kegiatan keagamaan, sosial, seni dan budaya. Dan kedelapan, membuat program beasiswa pendidikan bagi anggota DPD MAPPI Sumbagut yang berprestasi.

Itulah profil singkat Balon Ketua DPD MAPPI Sumbagut. Namun pilihan Ketua DPD MAPPI Sumbagut kembali ke pilihan masing-masing anggota, sosok mana yang dipercaya mampu membawa perubahan lebih baik, pada pemungutan suara pada 5 Nopember 2020. Selamat bermusda dan menentukan Ketua DPD MAPPI Sumbagut, pilihan penilai sejati. (***/Hari Suharto)

4 1 vote
Article Rating

Baca Juga

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x