Penilaian Properti Komersial Dalam Ketidakpastian

by redaksi

Wartapenilai.id—Tim Pemenangan Balon DPN Paket AMG (Amin Muttaqin Guntur) kembali menggelar AMG Menyapa Seri-3, dengan tema “Practical Guideline of Commercial Property Valuation Amidst Uncertainty”. Kegiatan itu digelar via Zoom Meeting, dari pukul 09.00 hingga 12.00, 15 Agustus 2020.

Webinar internasional ini diikuti 583 peserta dari 983 peserta yang mendaftar. Peserta berasal dari penilai anggota MAPPI, penilai internal perbankan, pemerintah daerah (Pemda), mahasiswa S1 dan S2 baik dari Malaysia maupun Indonesia. Banyak rasa keinginan tahu peserta terkait case commercial properti, setidaknya tercatat 453 pertanyaan yang diajukan melalui chat webinar.

Seminar Internasional via Zoom Meeting ini menghadirkan pembicara Prof. Sr. Hishamuddin, Guru Besar Penilaian Properti dan Manajemen Aset, Universiti Teknologi Malaysia. Dimana di Universtas UTM itu, juga tempat para senior valuer menuntut ilmu. Lalu pembicara kedua, Muhammad Amin, Managing Partner KJPP ANA and Partners. Penilai senior ini tak asing lagi di kalangan penilai di tanah air dalam bidang penilaian commercial property.  Kombinasi pembahasan materi commercial properti yang serasi antara case di Malaysia dan Indonesia.  Sebagai moderator, Uswatun Khasanah, Pimpinan KJPP MBPRU Cabang Yogyakarta tampil cukup agresif mengarahkan jalannya Webinar kali ini.

Kegiatan itu merupakan komitmen serius dari Paket AMG sebagai program untuk membekali anggota dan masyarakat terkait dengan penilaian. Seminar daring, AMG Menyapa yang digelar sebelumnya hingga sekarang tidak lepas semangat dan niat Paket AMG memberikan makna pentingnya konsep penilaian kepada seluruh insan penilai di Indonesia.  Hikmah dari pandemi Covid-19, menggerakkan Paket AMG untuk melakukan seminar daring mengisi kekosongan kegiatan pembelajaran, akan pentingnya  konsep penilaian ditanamkan pada Penilai anggota MAPPI dan juga para stakeholders.

AMG Menyapa telah melakukan pembahasan ketiga pendekatan (pasar, pendapatan, dan biaya) yang diberikan secara free buat seluruh anggota dan masyakat penilai di Indonesia. Pembekalan ini semakin meresapkan tiga melekatkan tiga pendekatan itu pada Penilai akan konsep penilaian yang sesungguhnya. Dengan begitu, penilai memiliki pemahaman konsep yang baik, Penilai dapat memanfaatkannya dalam praktek penilaian sehari-hari, maupun untuk mengikuti ujian sertifikasi di MAPPI.

Beberapa calon peserta Ujian Sertifikasi Penilai (USP), menyatakan beberapa pertanyaan yang bisa terjawab dengan mengikuti seminar daring AMG Menyapa Seri 2 lalu. Dimana fokus Webinar kali ini membahas gabungan konsep dan pratikal dalam pendekatan pendapatan (income approach), serta isu menarik yang dibawakan kedua panelis. Diantaranya concept of income approach on commercial property valuation, Covid-19 impacts on commercial property valuation, commercial property valuation trend and forecast amidst uncertainty, understanding business model and income driven on commercial property, discounted cash flow structure on commercial property valuation, dan rule of thumbs on commercial property valuation.

Tim Pemenangan AMG juga membagi door price lima buku karya Prof. Hishamuddin Mohd Ali dengan judul Experts Forecast on Property Markets.  Door price itu diberikan pada lima peserta yang terpilih. Paket AMG terus mendorong dan mengapresiasi hadiah dalam bentuk buku karena lebih bersifat investasi dan edukasi bukan konsumtif, terang Tim Pemenangan.

Perpaduan dua panelis ini, Paket AMG memandang sudah saatnya Penilai Indonesia go international dan bila paket AMG dipercaya menjadi DPN MAPPI, kegiatan semacam itu akan menjadi program khusus AMG dalam hal kerjasama dengan lembaga-lembaga internasional.

AMG berniat melakukan lebih banyak kerjasama baik dengan lembaga perguruan tinggi maupun organisasi profesi penilai luar negeri menuju Penilai Indonesia yang berintegritas, profesional dan dipercaya.  Dengan digelarnya seminar daring AMG Menyapa Seri 3 ini diharapkan memberi maslahat bagi seluruh amggota MAPPI khususnya dan peserta lain  bisa mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh melalui Webinar kali ini. (***/Tim AMG)

5 2 votes
Article Rating

Baca Juga

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x