Paket YAD, Siap Melayani Anggota

by redaksi

Paket YAD (Yufrizal, Asno, Dedy), siap maju pada pemilihan DPN MAPPI pada 31 Maret 2020 mendatang, bermodal niat tulus membenahi organisasi penilai lebih baik, “MAPPI Rumah Kita – Milik Bersama”.

Wartapenilai.id—Tagline yang diusung membawa spirit akan pentingnya perubahan yang harus dilakukan di tubuh organisasi MAPPI guna memakmurkan semua anggotanya. Diusia MAPPI ke 39 tahun, mengelola organisasi profesi tidak bisa dilakukan dengan cara tradisional, tergantung figur, tanpa keterlibatan anggota.

Hal itu menjadi kesadaran Paket YAD, saat mencalonkan diri maju menjadi peserta Balon DPN MAPPI. Paket YAD, menjanjikan pengelolaan organisasi transparan, akuntanbel, dengan cara yang cerdas (smart), dan selalu melibatkan anggota untuk pengambilan keputusan penting organisasi. Itupun dilakukan secara tersistem. Tujuan utama organisasi profesi tidak lain melayani dan memperjuangkan kepentingan anggota. Baik peningkatan kompetensi, menjalani bisnis profesi dan memperjuangkan peluang usaha baru, serta saat menghadapi risiko profesi selalu mendapat pendampingan dari DPN MAPPI.

Itu yang bakal di dilakukan Paket YAD bila diberikan amanah memimpin MAPPI, dengan merubah semua layanan menjadi smart (layanan yang cerdas), layanan keanggotaan di sekreatriat, pendidikan, sertifikasi profesi, dan pengembangnan kompetensi lainnya. hingga layanan mendampingi anggota yang menghadapi risiko profesi pun dilakukan dengan cara Smart. Paket YAD menyadari anggota profesi sebagai stakeholder profesi ini, harus mendapat layanan yang optimal, tumbuh berkembangnya profesi penilai yang diperhitungkan.

Tagline “MAPPI Rumah Kita Milik Bersama” dimunculkan tidak lain karena MAPPI sebagai tempat mengasah ilmu dan kompetensi penilaian, profesi tempat berkarir yang menjanjikan, yang harus dijaga dan dijadikan rumah bersama. MAPPI diangkat derajatnya sebagai organisasi profesi yang disegani dan diperhitungkan, baik di tingkat nasional dan internasional. “Berangkat dari situ pemilik MAPPI (anggota) harus diutamakan sebagai pemegang kedaulatan tertinggi. Kita (Paket YAD) heboh ini ingin menjadi pelayan mereka,” terang Dedy Mohamad Firmanto, salah satu anggota Paket YAD.

Semangat merubah dan meningkatkan, tatanan pengelolaan MAPPI, dengan kekinianlah yang akan diwujudkan Paket YAD dengan mengutamakan layanan anggota serba smart. Seperti layanan pendidikan Paket YAD men-design organisasi MAPPI cepat tanggap kebutuhan anggota. Mulai level jenjang anggota MAPPI-A, MAPPI-P, MAPPI-T, hingga MAPPI-S, disediakan layanan pendidikan untuk peningkatan kompetensi lebih mudah melalui e-learning.

Progam E-Learning yang dirancang, dengan modul-modul, memudahkan anggota mengikuti jenjang pendidikan profesi dari level MAPPI-A hingga MAPPI-S. Peserta Pendidikan tidak harus mendatangi suatu tempat, cukup di tempat nyaman yang dipilih, buka laptop, daftar pendidikan online dengan modul sesuai tingkatannya. Ketika sudah selesai modul dan siap menempuh ujian, bisa dilakukan secara online pula. “Itu untuk menjawab pendidikan berbiaya murah di penilai, namun tidak murahan,” terang Yufrizal Yusuf.

Untuk membawa perubahan di MAPPI, Balon DPN MAPPI 2020-2024, Paket YAD menyodorkan Visi dan Misi mengelola organisasi profesi penilai ini.

Visi dan Misi Paket YAD

Visi yang diusung Paket YAD “MAPPI Yang Melayani Anggota Untuk Mewujudkan Penilai Indonesia Yang Berintegritas, Profesional, dan Bertaraf Internasional”.

Visi yang dipaparkan dicapai dengan misi diantaranya:

  1. Memperbaiki pelayanan yang lebih proaktif, mudah dan cepat bagi seluruh anggota,
  2. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan profesi penilai melalui pendidikan berkelanjutan, penelitian, etik dan standar,
  3. Mengaplikasikan system pendidikan berbasis modul, pendidikan dan ujian online dalam rangka mewujudkan “pendidikan yang berbiaya murah”. Ini untuk merealisasi Pendidikan dan sertifikasi profesi berbiaya murah, yang tetap menjaga kualitas.
  4. Membangun sinergi dengan pemerintah, lembaga, asosiasi terkait dan stakeholder untuk menjaga iklim usaha jasa penilaian dan jasa lainnya yang kondusif,
  5. Berperan aktif dalam setiap kegiatan profesi tingkat nasional dan internasional,
  6. Memastikan terselenggaranya tata kelola organisasi yang baik (good governance),
  7. Meningkatkan fungsi advokasi dan mediasi untuk membantu kesulitan anggota. Ini untuk mengantisipasi ke depan, tantangan hukum yang dihadapi anggota semakin komplek. Ini sejalan dengan munculnya kesadaran pengguna jasa, dengan mempersiapkan konsultan hukum, baik dari anggota penilai yang berlatar belakang hukum dan pihak luar, untuk memberikan bantuan ke anggota yang mengadapi masalah hukum, yang selama ini tidak dilakukan.

Dari Visi dan Misi yang ditawarkan Paket YAD itulah yang akan membawa pada MAPPI 4.0, yang menjadi konsep dan solusi menuju MAPPI lebih baik dengan organisasi dan SDM unggul didukung teknologi informasi melalui 7 Pilar. Konsep MAPPI 4.0 diterapkan di sektor kesekretariatan, organisasi dan keanggotaan, pendidikan, riset dan pengembangan sistem teknologi informasi, hubungan antar lembaga dan luar negeri, keuangan serta standar dan hukum.

Apakah MAPPI 4.0 yang diuraikan pada 7 Pilar itu bisa diwujudkan? Konsep dan solusi MAPPI lebih baik, jelas bisa diwujudkan dengan figur-figur di Paket YAD ini.

Seperti Yufrizal Yusuf, selain menekuni profesi penilai sejak tahun 1994, dia juga masih aktif sebagai komisaris di perusahaan bidang perhotelan, konsultan teknik, juga perkebunan. Yufrizal terlibat di kepengurusan MAPPI dilakukan di mulai tahun 2008 hingga sekarang, baik menjadi

Anggota Bidang Organisasi MAPPI, Ketua Bidang Organisasi FKJPP, Ketua Tim Penyusun Standar Pengendalian Mutu, Wakil Ketua Tim Revisi AD/ART MAPPI, dan sampai sekarang menjadi Ketua Forum Kantor Jasa Penilai Publik (FKJPP MAPPI).

Selain itu, Asno Minanda menjalani profesi penilai sejak di bangku kuliah. Setelah tamat membuat PT Raxindo Wardana – Appraisal Consultant, sebagai Direktur Utama. Begitu melanjutkan ke Postgraduate Curtin University, WA Australia (1992), dia bergabung sebagai Junior Consultant di Price Waterhouse Urwick, WA-Australia, lalu menjadi Consultant Price Waterhouse Konsultan Indonesia, juga pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan dan HRD di PT. Pancatama Group, tahun 2006 kembali aktif di PT Raxindo, beralih ke KJPP Zuchri dan Rekan sebagai Senior Partner dan tahun 2013 menjadi Managing Partner. Tahun 2016 berubah nama KJPP menjadi KJPP Asno Minanda Usep Prawira dan Rekan (KJPP ASUS) sebagai Managing Partner. Terlibat di MAPPI Ketua Bidang IT Organisasi, hingga Kepala PUSPENIT MAPPI hingga sekarang. Asno inilah andalan YAD untuk merubah layanan di MAPPI menjadi Smart (cerdas) untuk anggota.

Sedangkan Dedy Mohamad Firmanto, jebolan S2 Universitas Indonesia ini, dipercaya memanajemen organisasi MAPPI. Dedy terlibat di penilaian tahun 2004 di PT. Yathakrama Tata Penilai. Saat berubah menjadi KJPP hingga sekarang menjadi Managing Partner KJPP DAZ, juga menjadi komisari sdi PT Medina Mitra Solusi yang juga bergerak di bidang IT. Di Organisasi MAPPI, Dedy terlibat sebagai Sekretaris FKJPP, Anggota Penyusun Standar Imbalan Jasa (SIJ-MAPPI) dan Tim Revisi AD/ART MAPPI.

Melihat backgroung profil Paket YAD, selain menjalani profesi penilai, juga memiliki latar belakang pebisnis. Ini menjadi nilai plus Paket YAD untuk terpilih menjadi DPN MAPPI 2020-2024 mendatang. Dipundak Asno Minanda yang memiliki pengalaman internasional serta sekarang sebagai Ka-Puspenit MAPPI dan Dedy memiliki perusahaan konsutan IT, jelas membuat Paket YAD siap merubah layanan di MAPPI menjadi Smart, yang dibutuhkan anggota dan tidak mengganggu praktik profesional yang dijalani.

Selain kelebihan dan potensi yang dimiliki Paket YAD ini, paket ini dalam meraih dukungan suara dari calon pemilih kalangan anggota MAPPI, menempuh secara yang elegan. Itu terbukti sebelum ditetapkan sebagai Balon Paket DPN MAPPI, oleh Panlih MAPPI, Paket YAD tidak melakukan sosialisasi. Apalagi sosialisasi dengan memakai fasilitas MAPPI—tidak akan pernah dilakukan. Paket ini sangat menghormati cara-cara yang elegan, bersih untuk menjadi pelayan penilai anggota MAPPI ini.

Profil Paket YAD

Profil lengkap anggota Paket YAD (Yufrizal, Asno, Dedy), yang bisa dipahami calon pemilih, penilai anggota MAPPI.

Ir. Yufrizal Yusuf, M.Ec.Dev.

Pendidikan: S1 – Intitut Pertanian Bogor (IPB)-1982, S2 – Universitas Gajah Mada (UGM)-201, menjadi Anggota MAPPI No. 94-S-00375 Tahun 1994.

Pengalaman kerja: Staff Manager PT. Aruf Bulik Timber (1982-1991), Direktur PT. Terindo Agrifar Penilai (1991-1993), Komut PT. Farindo Bangun Konsultan, Komut PT. Sinda Artapersada, Komanditer CV. Mega Indah Hotel (1993-Now), Pemimpin KJPP Yufrizal Yusuf (2010-2016), Pemimpin Rekan KJPP Yufrizal Deny Kamal & Rekan (2016-Now).

Keorganisasian: Anggota Bidang Organisasi MAPPI (2008-2012), Ketua Bidang Organisasi FKJPP MAPPI (2012-2014), Ketua Tim Penyusun Standar Pengendalian Mutu (2014), Wakil Ketua Tim Revisi AD/ART MAPPI (2015), Ketua Forum Kantor Jasa Penilai Publik (FKJPP MAPPI) (2016-now),Wakil Ketua Penyusun Standar Imbalan Jasa (2017), Ketua Tim Revisi AD/ART MAPPI (2018)

Asno Minanda, SE., M.Ec.Dev.

Pendidikan: S1, Universitas Krisnadwipayana (1989), Postgraduate Curtin University, WA Australia (1992), S2 – MEP, Universitas Gajah Mada (UGM (2011).

Pengalaman: PT. Harindo Nilaitama – Appraisal Consultants (1988-1989), President Director – PT. Raxindo Wardana – Appraisal Consultants (1989-1990), Junior Consultant Price Waterhouse Urwick, WA-Australia (1992-1993), Consultant Price Waterhouse Konsultan Indonesia (1993-1994), Director of Finance & HRD PT. Pancatama Group (1994-2001), Director – PT. Raxindo Wardana – Appraisal Consultants (1996-2010), Senior Partner KJPP Zuchri & Rekan (2010-2013), Managing Partner KJPP Zuchri & Rekan (2013-2016), Managing KJPP Asno Minanda Usep Prawira & Rekan (KJPP ASUS & REKAN) (2016-Now).

Keorganisasian: Ketua Bidang IT Organisasi MAPPI (2015-2016), Kepala Pusat Pengembangan Informasi dan Teknologi (PUSPENIT MAPPI) (2016-Now), Ketua Bidang Pengembangan & Jasa Usaha (FKJPP-MAPPI) (2016-Now), Anggota Tim Riset & Development MAPPI (Tim BTB-MAPPI) (2016-Now).

Dedy Mohamad Firmanto, SE., Msi,

Pendidikan: S1 – Universitas Trisakti (1993-1998), S2 – Universitas Indonesia (2003-2005).

Pengalaman: Penilai PT. Yathakrama Tata Penilai (2004-2008), Rekan KJPP M Adlan & Rekan (2008-2013), Komisaris PT. Medina Mitra Solusi (2010-Now), Pemimpin KJPP Dedy Mohamad (2013-2015), Pemimpin Rekan KJPP Dedy Arifin Nazir & Rekan (2015-Now).

Keroganisasian: Ikatan Pecinta Alam Komplek Kodim (IPALKO) (1990-Now), Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan (FKPPI-TNI/POLRI) (1991-Now), Sekretaris Forum Kantor Jasa Penilai Publik-MAPPI (FKJPP-MAPPI) (2016 -Now), Anggota Penyusun Standar Imbalan Jasa (2017), Anggota Tim Revisi AD/ART MAPPI (2018). (Adv/HS)

0 0 votes
Article Rating

Baca Juga

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x