Penilai Publik Sebagai Manajer Properti

by redaksi

Ada sembilan jasa yang bisa diberikan penilai publik properti, diluar jasa penilaian, seperti diatur PMK No 101 tahun 2014 yang mengalami perubahan menjadi PMK 56 Tahun 2017 tentang Penilai Publik.   

Wartapenilai.id—Bidang Jasa Penilaian Properti, selain jasa penilaian yang diatur Pasal 5 ayat (3), penilai publik bisa memberikan jasa lain terkait dengan kegiatan penilaian. Bidang jasa diluar penilaian salah satunya adalah manajemen properti.

Manajemen properti, penilai publik bisa bertindak sebagai manajer properti. Manajer properti adalah individu atau perusahaan yang disewa untuk mengawasi operasi sehari-hari dari unit real estat. Pemilik properti dan investor real estat biasanya mempekerjakan manajer properti ketika mereka tidak mau atau tidak mampu mengelola properti yang dimilikinya.

Bidang manajemen properti masih jarang diberikan oleh KJPP untuk mendukung pengembangan bisnis kantornya. Diluar itu masih banyak bidang jasa yang bisa diberikan namun belum digarap dengan optimal seperti konsultasi pengembangan properti, desain sistem informasi aset, studi kelayakan usaha, jasa agen properti, pengawasan pembiayaan proyek, studi penentuan sisa umur ekonomi, studi penggunaan tertinggi dan terbaik/highest and best use (HBU), dan studi optimalisasi aset.

Biasanya biaya atau fee untuk mempekerjakan manajer properti, dilaporan keuangan pemilik properti diakui sebagai pengurang pendapatan kena pajak. Jenis properti komersial secara umum yang bisa dikelola manajer properti seperti kompleks perkantoran, apartemen, mal ritel, dan kantor bisnis. Intinya properti tersbeut menghasilkan pendapatan bagi pemiliknya.

Manajer properti berperan mengelola dan mengawasi operasi harian properti. Manajer itu bertindak atas nama pemilik untuk menjaga nilai properti sambil menghasilkan pendapatan. Biaya mempekerjakan manajer properti bisa mengurangi pendapatan pajak untuk pemilik properti investasi.

Manajer properti menawarkan solusi ideal bagi investor yang tidak tinggal dekat dengan properti sewaan mereka atau tidak suka berurusan dengan penyewa, toilet, dan sebagainya. Ada banyak investor real estat yang tidak ingin terlibat dalam investasi, khususnya investor real estat institusional.

Tanggung jawab manajer properti dapat mencakup mengawasi dan mengoordinasikan pemeliharaan gedung dan perintah kerja, melakukan pekerjaan ringan dan membersihkan, menyelesaikan masalah dan keluhan penyewa, memasang iklan, menunjukkan dan menyewa unit yang kososng, mengumpulkan dan menyetor sewa serta berkomunikasi secara teratur dengan pemilik properti mengenai status tersebut. Manajer properti, bisa dikatakan mata dan telinga pemilik properti, memastikan masalah ditangani dengan segera dan properti itu sendiri dirawat secara profesional.

Manajer properti biasanya tidak diharuskan memiliki latar belakang pendidikan atau kredensial tertentu. Namun memiliki pengetahuan tentang pasar properti lokal sebagai modal penting ketika memberi nasihat tingkat sewa dan daya tarik penyewa dan retensinya. Selain menerima gaji atau upah per jam, manajer properti sering menerima sewa gratis atau diskon jika mereka tinggal di gedung yang mereka kelola. Perusahaan pengelola properti dapat berdasarkan biaya atau dibayar persentase dari pendapatan dari bangunan.

Keuntungan yang jelas untuk mempekerjakan manajer properti, menghilangkan kebutuhan pemilik untuk berada di dekatnya dan secara aktif mengelola properti. Hal ini memungkinkan investor real estat lebih fokus pada investasi di properti berkualitas daripada mengelola portofolio properti yang saat ini dimiliki.

Kelemahannya adalah tingkat perhatian dan layanan yang diberikan kepada para penyewa, sumber penghasilan utama, mungkin tidak setinggi dari pemilik yang mengerjakan investasi pribadi mereka.

Kekhawatiran tentang biaya ini bahwa investor real estat perlu mengatasi jika mereka ingin meningkatkan kepemilikan. Investor real estat besar bergantung pada manajer properti dan biasanya bekerja dengan perusahaan manajemen properti profesional daripada melakukan upaya langsung. (***/HS/Darmawan)

 

0 0 vote
Article Rating

Baca Juga

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x