Dampak Covid-19 Pada Hasil Penilaian

by redaksi

Wabah pandemi global covid-19 mendorong beberapa anggota yang diatur RICS, untuk memasukkan ketidakpastian penilaian material dalam pelaporan dan saran penilaian. 

Wartapenilai.idThe Royal Institution of Chartered Surveyors (RICS) mengeluarkan pemberitahuan terkait dampak covid-19 yang berpengaruh terhadap hasil penilaian, 19 Maret 2020 lalu.

Diakui dampak covid-19 berpengaruh tehadap pekerjaan penilai anggota RICS dalam berbagai cara dan beragam dampak. Konsekuensi yang pasti dari wabah covid-19 tidak diketahui, namun untuk memeriksa, melakukan inspeksi properti mungkin menghadapi kesulitan baik secara internal perusahaan, pembatasan yang dilakukan pemerintah dengan social distancing, atau keengganan pemilik properti memberikan akses. Akses ke data bukti seperti dapat diperbandingkan juga mungkin kurang tersedia secara bebas.

RICS mengingatkan anggotanya, selain mengarahkan untuk mengikuti otoritas Pemerintah, penilai harus bertindak secara transparan dan profesional. Jika ada perubahan, RICS akan memberitahukan dengan instruksi pada anggota, yang harus disetujui klien dan setiap perubahan yang disepakati harus dicatat. Anggota yang terregulasi RICS harus membuat catatan file terperinci untuk mendukung alasan guna mendukung perubahan.

Keadaan saat ini terkait dengan pandemi global covid-19 mendorong beberapa anggota yang diatur RICS, untuk memasukkan “ketidakpastian penilaian material” dalam pelaporan dan saran penilaian. Ini tidak berarti bahwa beberapa anggota yang diatur RICS saat ini tidak dapat menilai, bahkan penilaian dalam keadaan ini menyediakan fungsi utama untuk mendukung pasar dan pemangku kepentingan. Namun, penilaian dapat mencerminkan pembatasan yang membawa ketidakpastian material. Keputusan ini berdasarkan kasus per kasus.

Padahal periode ini musim sibuk untuk penilaian dan pelaporan keuangan; dalam situasi global yang cepat berubah, anggota yang terregulasi RICS perlu waspada terhadap keadaan pada tanggal penilaian. RICS telah memberikan bentuk yang disarankan dalam “Peringatan Praktik di situs web RICS” untuk mendukung anggota RICS yang telah membuat keputusan independen untuk melaporkan ketidakpastian penilaian material. Buku Merah RICS Global mendefinisikan ketidakpastian material dan keadaannya membantu proses penilaian tetapi keputusan untuk melaporkannya tetap ada pada penilai independen.

Direktur RICS International untuk Penilaian, Ben Elder, mengatakan keadaan ini yang belum pernah terjadi sebelumnya sangat menantang bagi semua orang. RICS mengharapkan anggota dan perusahaannya untuk bertindak secara profesional dan transparan setiap saat dan ini sangat penting ketika kondisi pasar berubah dengan cepat.

“Efek dari covid-19 akan memengaruhi pekerjaan yang dilakukan anggota penilai dan perusahaan yang diregulasi RICS dalam berbagai cara, dengan berbagai dampak. Memeriksa properti mungkin sulit dan akses ke data bukti seperti yang dapat dibandingkan, kurang tersedia secara bebas”, terangnya.

Ben Elder melanjutkan anggota dan perusahaan yang diregulasi RICS mungkin sedang mempertimbangkan apakah deklarasi ketidakpastian material sekarang sesuai dengan menggunakan Proses Buku Merah. Jika ketidakpastian material diumumkan, ini harus dinyatakan secara eksplisit, dan RICS telah menyarankan hari ini, bentuk kata-kata yang dapat digunakan. “Ini membantu ketika penilai merasa bahwa hal-hal yang tidak diketahui begitu signifikan sehingga penilaian yang dihasilkan akan kurang dapat diandalkan dibandingkan dalam keadaan normal”, jelasnya. (***/HS)

 

0 0 votes
Article Rating

Baca Juga

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x