Tiga BUMN Berkolaborasi Bangun 15 Kapal Pertamina

by redaksi

Wartapenilai.id—Untuk memenuhi kebutuhan Kapal, PT Pertamina melekukan kerjasama dengan tiga BUMN untuk pembangunan, pemeliharaan dan perawatan kapal. Pertamina menargetkan pengadaan kapal sebanyak 15 unit dari 48 unit kapal dalam lima tahun mendatang.

Untuk memproduksi 15 unit kapal, PT Pertamina menggandengn PT Dok dan Perkapalan Surabaya, bersama 2 BUMN galangan kapal lainnya yang tergabung dalam Klaster Industri Manufaktur (KIM) (PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari dan PT Industri Kapal Indonesia).

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, saat acara penandatanganan perjanjian potensi kerja sama sinergi Pertamina Group dengan Tiga BUMN galangan kapal klaster industri manufaktur. Ada 48 kapal dan sudah identifikasi 15 yang bisa diproduksi di dalam negeri melalui tiga BUMN dan akan dibangun dalam kurun waktu 5 tahun ke depan,” terang Nicke seperti dilansir laman bumn.

Nicke menambahkan kerja sama ini sejalan dengan rencana pemerintah untuk meningkatkan komponen dalam negeri (TKDN). Manajemen Pertamina, jelasnya mengedepankan kontribusi nasional di setiap proyek perseroan. Selain itu, kerja sama itu bertujuan meningkatkan produktivitas Pertamina dalam pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian kapal. Dengan demikian, prosesnya bisa lebih cepat dari sebelumnya.

Dari 15 unit kapal itu diharapkan semuanya bisa dibangun di galangan kapala dalam negeri untuk memperkuat bisnis dan industri dalam negeri. Lepas dari itu, kerja sama ini juga meng-cover pemeliharaan dan perbaikan (kapal). Kerja sama itu diharapkan bisa menghidupkan kembali perusahaan galangan kapal dalam negeri. Kedepan akan lebih fleksibel, docking bisa dilakkukan di lokasi terdekat. Hal ini juga akan menjadikan perawatan dan pemeliharaan kapal Pertamina lebih efisien,” tambahnya Nicke. (***/Toto)

0 0 vote
Article Rating

Baca Juga

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x