Horee…. Munas Dilaksanakan September 2020

by redaksi

Penundaan Munas XII MAPPI, yang sedianya 30-31 Maret, akhirnya diputuskan pelaksanaannya Bulan September 2020. Panitia Munas sedang mengkaji model elektronik yang sesuai agar pelaksanaan Munas membuahkan hasil, bisa diterima semua anggota.

Wartapenilai.id—Penitia Munas XII MAPPI, telah mengeluarkan pemberitauan akan pelaksanaan Munas yang tertunda dilakukan 30-31 Maret lalu. Pemberitahuan pelaksanaan munas XII MAPPI menyebutkan pelaksanaan munas bakal dilakukan dalam waktu dekat dengan segera dan dilakukan secara elektronik. Pengumuman itu di publis di website MAPPI.or.id pada 25 Juni 2020 lalu.

Pelaksanaan Munas XII secara elektronik ini sudah mendapat persetujuan di Rakernas Khusus lalu. Munas, bakal dilakukan paling lambat Bulan September 2020, dan memang panitia belum menentukan tanggal dan waktu yang pasti dan itu akan diumumkan lebih lanjut.

Juru Bicara Panitia Munas XII MAPPI, Ahmad Huda menjelaskan seperti diketahui bersama, pengunduran jadwal pelaksanaan Munas semata-mata diakibatkan wabah Covid-19. Dimana itu menyebabkan persiapan Panitia Munas yang saat itu sudah hampir 100% menjadi tidak bisa dilaksanakan pada waktunya (30-31 Maret 2020), terangnya.

Lebih lanjut, Ahmad Huda menegaskan saat ini Panitia Munas sedang membahas dan mematangkan beberapa opsi pelaksanaan Munas berbasis elektronik, yang telah disetujui Pengurus di Rakernas khusus lalu.

Pelaksanaan munas elektronik ini di pilih, dengan pertimbangan, mungkin sampai tahun depan pelaksanaan munas secara off-line (konvensional) belum dipastikan bisa digelar. Dorongan pelaksanaan munas untuk segera di gelar munas dari anggota memang tidak bisa diabaikan. “Munas disegerakan agar jalannya roda organisasi MAPPI, termasuk pelayanan anggota dan pihak lain bisa dilakukan,” terangnya.

Memang sejak dilakukan penundaan munas, pengambilan keputusan di MAPPI terlihat ewuh pakewuh, meski belum demisioner, namun pengurus yang ada tidak berani mengambil keputusan penting.

Saat ditanya model Munas elektronik, bagaimana pelaksanaannya dan cara pemilihan Kepengurusan MAPPI dilakukan seperti apa. Apakah dilakukan di Jakarta atau di DPD MAPPI?

Juru Bicara Munas XII MAPPI, Ahmad Huda belum menjelaskan secara gamblang. Hanya menjelaskan bahwa keduanya bisa menjadi opsi yang telah disiapkan panitia, atau bahkan mungkin ada bentuk yang lain lain. Tentunya tetap mempertimbangkan perkembangan penyebaran covid-19 di seluruh wilayah Indonesia, yang sampai saat ini belum ada yang bisa prediksikan. “Karena masih naik turun, akan diamati dari waktu ke waktu sebelum diputuskan model yang dianggap paling ideal,” jelas Huda.

Lebih lanjut Huda menambahkan ini mengacu pula pada aksi yang di ambil pemerintah mengambil kebijakan terkait covid yang dilakukan pengamatan minute by minute.

Memang saat ini, Panitia Munas XII sedang mempersiapkan model dan opsi yang sesuai untuk pelaksanaan munas eleketronik. Bentuknya sedang disusun, detailnya dan model persidangan seperti apa, lalu model pemilihan dilakukan terpusat, atau dibagi di beberapa terminal (DPD MAPPI).

Munas elektronik ini sesuai yang baru bagi MAPPI, Panitia sedang mempersiapkan semua hal agar munas bisa berjalan lancar tanpa halangan, dan hasilnya bisa diterima semua anggota. Yang jelas pemilihan Kepengurusan menggunakan model e-voting. Detail pelaksanaan munas elektronik, diharapkan beberapa minggu ke depan sudah final dan bisa ketahui anggota. (***/HS)

5 1 vote
Article Rating

Baca Juga

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x