Mencari Model Penilaian Instrumen Keuangan

by redaksi

IVSC sedang melakukan modifikasi peningkatan standar penilaian instrument keuangan. Itu tidak lain dalam Pratik selama ini terjadi inkonsistensi dan kualitas standar yang lemah.

Wartapenilai.id—Saat ini, International Valuation Standards Council (IVSC) sedang melauan konsultasi terait cara memodifikasi dan meningkatkan standarnya untuk penilaian instrumen keuangan, mengingat saat ini ada kekhawatiran seputar inkonsistensi dan kualitas buruk dalam standar internasional.

Mengingat penilaian instrumen keuangan saat ini telah menjadi topik penting dan sering mendatangan kontroversi di antara profesional penilaian, investor, regulator, sekuritas dan industri jasa keuangan yang lebih luas selama beberapa tahun terakhir.

IVSC mengakui belum ada seperangkat standar praktik penilaian internasional yang lebih efektif untu instrument keuangan yang secara umum sudah diadopsi banyak negara.

Hal itu jelas mengakibatkan praktik penilaian yang tidak konsisten dan terkadang berkualitas rendah dan, dalam beberapa tahun terakhir, kekhawatiran telah diungkapkan oleh regulator keuangan dan pihak lain tentang kualitas dan konsistensi praktik penilaian instrumen keuangan.

Dokumen konsultasi yang diterbitan IVSC mencari umpan balik mengenai pendekatan yang harus diambil oleh dewan standar instrumen keuangan IVSC yang baru, dan memprioritaskan pekerjaan peningkatan standar untukk penilaian instrument keuangan.

Sebagaimana diketahui, Dewan instrumen keuangan dibentuk bulan Desember 2018, dan melakukan meeting pertama kalinya bulan April 2019. Pertemuan awal, dewan setuju untuk secara signifikan memodifikasi dan meningkatkan standar instrumen keuangan IVS 500 yang ada, dan konsultasi adalah langkah pertama dalam proses ini. IVS 500 awalnya dibuat sebagai holding bab tentang instrumen keuangan, yang awalnya dirilis sebagai bagian dari IVS 2017.

Dewan instrumen keuangan telah menyetujui tiga prinsip untuk memandu revisi IVS 500. Pertama, standar harus relevan untuk semua jenis dan ukuran entitas dengan instrumen keuangan. Kedua, mereka harus fokus pada proses penilaian instrumen keuangan – apa yang sedang diukur, bagaimana itu diukur, dan apa yang sedang dilakukan dengan hasilnya. Akhirnya, standar harus berlaku terlepas dari tujuan pengukuran (GAAP, pajak, pengujian stres, penilaian kehati-hatian, atau persyaratan lainnya) dan harus sesuai untuk digunakan untuk tujuan pengukuran.

Pihak IVSC menambahkan tujuannya adalah untuk menyetujui seperangkat prinsip menyeluruh yang digunakan untuk memandu penilaian instrumen keuangan terlepas dari tujuan pengukuran. Ini termasuk panduan tentang peran dan tanggung jawab manajemen dan lainnya, pemisahan tugas dan independensi, serta penilaian risiko penilaian dan eskalasi melalui rantai pengambilan keputusan.

Akan ada panduan mengenai validasi data, pembaruan data, menentukan kualitas data serta panduan untuk melakukan penilaian dalam penggunaan data, dan contoh-contoh di mana data terbatas atau tidak ada tersedia. Konsultasi ini juga bertujuan untuk mengembangkan panduan tentang bagaimana metode dan model dipilih, divalidasi, dipantau dan dikendalikan, termasuk konsistensi dan rincian. Selain itu, panduan akan diterbitkan untuk mengatasi praktik pasar yang berkembang, seperti penyesuaian penilaian, serta panduan tentang infrastruktur kontrol penilaian, proses penilaian ujung-ke-ujung dan verifikasi harga independen. (accountamcydaily/toto)

0 0 vote
Article Rating

Baca Juga

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x